26.5 C
Banda Aceh
Sunday, October 10, 2021

Iran Diduga Hendak Culik Warganya di AS yang Bekerja Sebagai Wartawati

New York – Warga negara Iran yang bekerja sebagai wartawati Voice of America di di New York, Masih Alinejad (44) dikabarkan hendak diculik oleh aparat intelijen Iran. Pihak Iran menyangkal tudingan ini.

Dilansir AFP, Kamis (15/7/2021), Gedung Putih mengutuk rencana penculikan ini. Rencana penculikan diketahui pada Selasa (13/7) kemarin saat Departemen Kehakiman mendakwa empat warga negara Iran sebagai agen intelijen.

Empat orang itu diduga merencanakan penculikan Masih Alinejad dan hendak menyelundupkan Masih Alinejad kembali ke Iran.

Dakwaan itu mengungkap bahwa nantinya, Masih Alinejad akan dilarikan ke Venezuela dulu. Venezuela adalah sekutu Iran di Amerika Latin.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki menyebut rencana itu sebagai rencana yang berbahaya dan keji.

Alinejad sendiri punya kewarganegaraan ganda, AS dan Iran. Dia menyampaikan telah diperingatkan FBI pada empat bulan lalu bahwa ada orang yang mengawasinya. FBI menyampaikan kepadanya bahwa rumahnya tidak aman.

“Ini sukar dipercaya. Saya masih tidak bisa percaya bahwa di New York, Republik Islam bisa mengancam keselamatan saya dan mengikuti saya,” kata Masih Alinejad.

Masih Alinejad sendiri bekerja untuk VoA Bahasa Persia. Dia sudah meninggalkan Iran sejak 2009, kuliah di Inggris, dan juga berkampanye di Facebook sejak 2014 untuk mendukung perempuan Iran tidak mengenakan hijab.

Sourcedetik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img
spot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
info terkait

Anggota DPD RI Asal Aceh : Peserta Tes CPNS dan Tenaga Honorer Jangan Terpengaruh Calo

BANDA ACEH | ACEH INFO - Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil meminta para peserta...
info terkini
info populer