26.5 C
Banda Aceh
Sunday, October 10, 2021

Segera Cairkan dan Salurkan Dana Desa Untuk Bantu Warga Miskin

Jakarta – Sekretaris Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ir. Razali, M.Si mengingatkan semua pihak yang terkait dengan Dana Desa (DD) agar memaksimalkan sisa waktu 5,5 bulan lagi supaya DD bisa dicairkan dan disalurkan sesuai peruntukan.

“Segera cairkan dan salurkan baik dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan Covid-19 sebesar 8% dari pagu DD, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan kebutuhan lainnya sesuai ketentuan,” kata Razali pada Rapat Percepatan Penyaluran Dana Desa dan BLT-DD Provinsi Aceh berlangsung secara daring, Rabu, 14 Juli 2021.

Razali yang juga Koordinator Pemantauan Penyaluran Dana Desa, BLT-DD, dan Dana Desa Penanggulangan Covid-19 Provinsi Aceh kepada Theacehpost.com mengatakan, rapat diikuti Kadis PMG Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Aceh, Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Pendamping Desa (PD) level kecamatan se-Provinsi Aceh.

Dalam rapat itu dipaparkan posisi Aceh termasuk baik yaitu di posisi 10 antarprovinsi secara nasional dalam pencairan dan penyaluran DD.

Namun, lanjut Razali, masih di bawah target sekitar 60 persen atau ada deviasi sekitar 15 persen berdasarkan update data 11 Juli 2021.

“Kami berharap kepada semua pihak yang terkait dengan DD agar memaksimalkan sisa waktu 5,5 bulan lagi agar DD dapat semua dicairkan dan disalurkan baik dalam bentuk BLT, Penanganan Covid-19 sebesar 8% dari pagu DD, PKTD, dan kebutuhan lainnya sesuai ketentuan yang ada,” ujar mantan Pj Bupati Aceh Singkil tersebut.

Bagi desa-desa yang belum mencairkan DD baik tahap I dan tahap II agar segera diberi pendampingan dengan harapan DD segera cair dan disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah ditetapkan.

Mantan Kepala Bappeda Aceh Singkil dan juga pernah menjabat sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh tersebut mengatakan, dalam masa pandemi ini, banyak masyarakat terdampak sehingga sulit memenuhi kebutuhan hidup minimal sehari-hari.

“DD menjadi salah satu jalan membantu masyarakat miskin apalagi saat ini sedang banyak kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Adha,” kata Razali.

Pada rapat tersebut, Razali  menayangkan perintah harian Gus Menteri (Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar) yang menekankan perlunya  percepatan penyaluran DD ke seluruh desa di Indonesia, pendataan pemanfaatan DD yang sudah tersalurkan, dan pendataan penyaluran BLT-Dana Desa, Padat Karya Tunai Desa, dan Desa Aman Covid-19.

Juga ditayangkan penekanan Mendes PDTT pada Sosialisasi Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan DD Tahun 2021 di Pendopo Kabupaten Sumenep, Sabtu, 28 November 2020.

Waktu itu Gus Menteri mengatakan, “Dana Desa hendaknya dirasakan kehadirannya oleh seluruh warga masyarakat di desa, utamanya warga miskin di desa.” []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img
spot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
info terkait

Anggota DPD RI Asal Aceh : Peserta Tes CPNS dan Tenaga Honorer Jangan Terpengaruh Calo

BANDA ACEH | ACEH INFO - Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil meminta para peserta...
info terkini
info populer