27.3 C
Banda Aceh
Sunday, October 10, 2021

Tumbuh Kembangkan Minat Riset di Kalangan Siswa, Kemenag akan Gelar Myres 2021

Banda Aceh –Dalam upaya menumbuh kembangkan minat bakat siswa madrasah dalam bidang penelitian dan penulisan, Kementerian Agama akan menggelar kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) 2021.

Kegiatan tahunan tingkat nasional ini dimulai dengan pengiriman naskah proposal penelitian yang dimulai sejak 25 Juni-30 Juli. Kemudian pengumuman seleksi proposal penelitian pada 10 Agustus 2021. Selanjutnya, tahap presentasi proposal yang terpilih dari para siswa yang akan dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2021.

Selanjutnya, pengumuman seleksi proposal penelitian pada 31 Agustus 2021. Kemudian, dilanjutkan dengan workshop tahap proposal (Daring) pada 5-6 September 2021, bimbingan dan pendampingan (Daring) pada 10 September -25 Oktober 2021, pengumpulan laporan hasil penelitian pada 31 Oktober 2021, presentasi hasil penelitian pada 25-7 November 2021, dan MYRES Expo 2021 dan penganugerahan pemenang MYRES pada 9-12 November 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag mengatakan, Madrasah Young Researchers Supercamp sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 semula kegiatan ini bernama Lomba Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini dikhususkan bagi siswa MTs dan MA.

Iqbal menyebutkan, jenis yang dilombakan dalam Myres ini meliputi 3 kategori yaitu, Matematika, Sains dan Pengembangan Tehnologi. Kedua, Ilmu Sosial danĀ  Humaniora. Ketiga, Ilmu Keagamaan Islam.

“Kegiatan MYRES ini merupakan perwujudan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah terus berupaya untuk membina dan mengembangkan bakat, minat dan prestasi siswa melalui kegiatan kesiswaan,” katanya.

“Sesuai dengan undang-undang tersebut pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan Sebagai Acuan Dalam Pengembangan dan Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Aceh Drs. H. Mukhlis, M.Pd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi intelektual dan daya pikir kritis bagi siswa/i terhadap situasi yang berkembang serta menumbuh kembangkan minat penelitian di kalangan siswa.

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan diharapkan siswa berbakat dan berprestasi dapat memacu potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berprilaku unggul, generasi yang mempunyai keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kongnitif, psikomotorik dan afektif,” kata Mukhlis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img
spot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
info terkait

Anggota DPD RI Asal Aceh : Peserta Tes CPNS dan Tenaga Honorer Jangan Terpengaruh Calo

BANDA ACEH | ACEH INFO - Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil meminta para peserta...
info terkini
info populer