26.5 C
Banda Aceh
Sunday, October 10, 2021

Zenius Gelar Pekan Inspirasi Tanah Air, Ajak Seluruh Guru Indonesia Berbagi Kisah Unik dan Inspiratif

Jakarta  Dalam kesehariannya, guru menjalankan peran tidak hanya sebagai pengajar, tapi juga sebagai pendidik. Semangat dalam menjalankan tanggung jawab tersebut tidak berhenti pada proses transfer ilmu kepada para murid di sekolah, tetapi sering pula ditunjukkan dengan menambah wawasan dan keterampilan yang mereka miliki.

Banyak guru yang bereksplorasi dengan minat dan bakatnya, lalu menekuni bidang-bidang di luar profesi guna meningkatkan produktivitas dan inovasi. Tidak jarang pula terdapat guru-guru yang melakukannya dengan tujuan untuk berkontribusi dengan memberikan dampak sosial kepada masyarakat di sekitar.

 Zenius, platform pendidikan berbasis teknologi, percaya bahwa banyak guru di tanah air yang memiliki pengalaman unik, menarik, dan inspiratif atas minat dan bakat yang mereka tekuni, di luar kegiatan belajar-mengajar.

Untuk itu, mengawali Tahun Ajaran Baru 2021-2022, Zenius membuka kesempatan terhadap guru-guru di seluruh Indonesia untuk berbagi kisah inspiratif mereka melalui Pekan Inspirasi Tanah Air (PITA).

PITA merupakan inisiatif Zenius melalui Zenius untuk Guru (Zenru), yang memberikan kesempatan kepada para guru untuk berbagi kisah mereka yang luar biasa dan inspiratif. Dari 135 ide atau proposal yang masuk dari guru-guru di seluruh Indonesia,

Zenius memilih enam sosok yang memiliki cerita paling inspiratif. Enam guru ini lalu memiliki kesempatan untuk berbagi cerita mereka ke ratusan guru lainnya melalui rangkaian acara yang berlangsung selama seminggu penuh.

Chief of Teachers’ Initiative Amanda Witdarmono mengatakan, pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi guru untuk membagikan cerita mereka diluar kegiatan belajar dan mengajar.

“Melalui PITA, kami ingin memberikan kesempatan para guru untuk membagikan cerita mereka yang inspiratif, di luar kegiatan belajar mengajar, agar bisa menginspirasi guru-guru lain untuk tetap semangat dalam belajar dan menjalani kegiatan pembelajaran yang masih diselenggarakan secara jarak jauh,”Kata Amanda Witdarmono.

Kata Amanda, 850 guru dari seluruh Indonesia yang mengikuti acara ini juga menyambut positif kehadiran PITA.

“Kami juga senang karena PITA mendapat sambutan positif dari guru-guru yang mengikuti acara ini. Selama seminggu penyelenggaraan, rangkaian acara PITA diikuti oleh lebih dari 850 guru dari seluruh Indonesia.”tandasnya.

PITA juga mengundang beberapa pejabat pemerintah dengan mengadakan sesi gelar wicara yang bertajuk “Dukungan Pemerintah Untuk Guru Gigih Belajar” di hari ke-3 penyelenggaraan.

Dalam gelar wicara tersebut, Prof Dr. Muhammad Jufri, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan menyambut baik inisiatif dari Zenius yang berfokus pada guru ini.

“Tidak ada kata berhenti untuk terus belajar. Hal ini berlaku pada siapapun, termasuk kepada guru yang kini dituntut untuk harus bisa cerdas membaca apa yang menjadi kebutuhan anak didik. Untuk itu, kami menyambut baik inisiatif Zenius yang melaksanakan acara untuk mengapresiasi setiap langkah yang dibuat guru dalam meningkatkan keterampilannya masing-masing”, Ujar Prof Dr. Muhammad Jufri, S.Psi., M.Si., Psikolog, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Juanda S.E., M.M., dari PGRI Aceh yang mewakili Ketua PGRI Aceh Bapak Al Munzir S.Pd.I., M.Si. mengatakan, pihaknya percaya bahwa setiap orang harus memiliki semangat untuk menjadi lifelong learner. Sejak kecil telah belajar di sekolah, hingga seterusnya kita terus belajar meski sudah menjadi dewasa. Semangat inilah yang ingin kami tularkan ke setiap orang agar bisa melakukan hal-hal yang baik untuk dapat memajukan agama, bangsa, dan negara.

“Semangat ini yang ingin kami tularkan ke setiap orang agar bisa melakukan hal-hal yang baik untuk dapat memajukan agama, bangsa, dan negara.”Kata Dr. Juanda.

Turut hadir juga di acara tersebut adalah Dr. Eng. Yusri Rasul, S.T., M.T., Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Riau yang menyambut baik inisiatif Zenius. Dirinya menyambut baik kehadiran Zenius yang memberikan motivasi melalui inovasi-inovasi demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Kita semua wajib untuk terus berupaya demi memajukan pendidikan di masa mendatang agar dunia pendidikan di Indonesia terus berkembang.

Sebagai penutup, Amanda berharap rangkaian kegiatan yang digelar selama seminggu ini bisa memberikan motivasi dan rasa optimis kepada guru-guru di seluruh Indonesia, terutama di masa liburan dan untuk menyambut tahun ajaran baru yang masih akan digelar secara jarak jauh.”

Enam guru yang dinilai paling inspiratif tersebut adalah Sonny Rohimat dari SMAN 6 Kota Serang (Guru Publikasi), Sumitra dari SMPN 2 Sentani (Pupuk Kompos Organik), James Gerson Mansula dari SMAN Bolan NTT (Grafiti Kertas), Lara Melati Sukma dari SMAN 1 Gunuang Omeh (Handmade Macrame), Tri Harjanto dari SMAN 3 Klaten (Wayang Berbahan Limbah), dan Harum Nurin dari SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo (Pengelolaan Jenazah).

Platform Zenru dapat diakses secara gratis melalui www.guru.zenius.com. Sejak diluncurkan pada November tahun lalu, sudah lebih dari 18 ribu guru tergabung dalam komunitas Zenru. Zenius melayani pertanyaan seputar penggunaan Zenru melalui akun media sosial @zeniusuntukguru di Instagram, Telegram, dan Facebook.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

spot_img
spot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
info terkait

Anggota DPD RI Asal Aceh : Peserta Tes CPNS dan Tenaga Honorer Jangan Terpengaruh Calo

BANDA ACEH | ACEH INFO - Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil meminta para peserta...
info terkini
info populer